MataPanda Blog

5 Tools Untuk Mengelola Banyak Akun Media Sosial Dengan Lebih Mudah

Anda sebagai pemilik usaha tentunya wajib memiliki fasilitas informasi via online untuk bisnis, mulai dari situs resmi, akun #media sosial, dan akun lain yang dibutuhkan. Alhasil terkadang seseorang memerlukan beberapa akun media sosial untuk masing-masing kebutuhan. Misalnya Anda adalah seorang pemilik situs portal berita bernama navigator news, dan di dalamnya terdapat ada banyak kategori berita.

Nah, mungkin saja Anda membutuhkan beberapa akun media sosial semacam Twitter untuk beberapa kategori. Seperti akun Twitter Navigator sports untuk berita olahraga, Navigator News tekno untuk berita teknologi, Navigator News Internasional untuk berita luar negeri, dan sebagainya. Sehingga Anda harus mengelola satu per satu akun dan akan sangat merepotkan bila pengelolaannya tanpa menggunakan bantuan tools.

Berikut ini adalah beberapa tools untuk mengelola banyak akun media sosial dengan cara yang lebih mudah:

1. MarketMeSuite

Sebuah layanan yang sangat canggih untuk mengelola akun media sosial, khususnya #Twitter. MarketMeSuite (Marketmesuite.com) ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengelola beberapa profil media sosial, melakukan penjadwalan pesan, menggunakan Geo-penargetan untuk mencari followers serta masih banyak fungsi lainnya.

Sebuah fitur yang cukup unik lagi dari MarketMeSuite adalah adalah fitur “Tools” yang salah satunya dapat menghubungkan RSS dari Blog milik Anda ke akun social media, serta dapat mengetahui siapa yang harus di follow back atau bahkan di unfollow. Fitur lainnya adalah Automatic DMs yang bisa digunakan untuk mengirimkan Direct Message secara otomatis kepada setiap orang yang mem-follow profil Anda.

2. HootSuite

Ini adalah salah satu situs untuk me-manage media sosial yang cukup populer belakangan ini. HootSuite (Hootsuite.com) adalah sebuah situs layanan manajemen konten yang memungkinkan dapat menyediakan layanan media dalam jaringan dan terhubung dengan banyak media sosial, baik itu #Facebook, LinkedIn, Twitter, Foursquare, MySpace, serta WordPress.

Jadi layanan Hootsuite memang sangat membantu bagi perusahaan atau perorangan untuk menggunakan media sosial secara bersamaan untuk pemasaran, mengidentifikasi serta menambah pengikut. Bahkan HootSuite juga merupakan tool untuk mengirimkan pesan yang ditargetkan pada saluran media tertentu.

3. MediaFunnel

Media Funnel (Mediafunnel.com) masih merupakan layanan Social Media Management System (SMMS). Kabarnya dengan menggunakan MediaFunnel ini Anda bisa mengelola hingga sebanyak 25 media sosial yang berbeda. Luar biasa bukan?

Selain itu fitur-fitur yang tersedia antara lain adalah  memonitor setiap media sosial, berbicara dengan followers dari satu tempat, menetapkan serta mengelola permintaan followers, bahkan menghubungkan media sosial dengan blog. Kemampuan MediaFunnel dalam memanage media sosial memang sudah dikenal luas, bahkan dalam situs resminya MediaFunnel mengklaim bahwa SMMS ini dipakai oleh banyak perusahaan besar sekelas Google, IBM, KAISER PERMANETE, dan Ergo Direkt.

4. Sysomos

Sysomos (Sysomos.com) merupakan layanan dashboard besar yang diklaim mempunyai hampir semua yang Anda butuhkan untuk pengelolaan dan monitoring media sosial. Jadi tidak salah bila Sysomos memang adalah Social Media Monitoring and Analytics Tools cerdas yang sanggup menawarkan monitoring dashboard real time, memberikan semua analisis serta wawasan yang termasuk diantaranya adalah sentimen, demografi maupun influencer.

Pengelolaan akun Twitter lebih dari satu tentu akan lebih mudah. Sysomos mengklaim bahwa layanan mereka sudah dipakai banyak perusahaan besar seperti BBC, Coca-Cola, Microsoft, UPS, Edelman, Toyota, Nokia, Boeing, P&G, Aljazera dan lain-lain.

5. TweetDeck

Sama seperti layanan diatas, TweetDeck merupakan aplikasi desktop yang memungkinkan Anda bisa mengelola 4 jaringan sosial berbeda dalam satu aplikasi desktop TweetDeck. Tidak hanya Twitter saja namun juga bisa untuk pengelolaan Facebook, MySpace, dan Linkeldn Client.

Beberapa fungsi TweetDeck lain diantaranya adalah untuk memutakhirkan berita serta tren lokal, fitur tombol TweetDeck spam guna menghindarkan akun Twitter Anda dari spam yang masuk. Kemudian ada fitur cerdas preview media agar pengguna TweetDeck melihat preview media dari media seperti YouTube, Posterous, Flickr, Mobypicture maupun Twitgoo. Perlu diketahui pula bahwa TweetDeck secara resmi sudah diakuisisi perusahaan pengembang Twitter.

Saran