19 Teknik Sederhana Mendapatkan Leads dari Email

Menurut Hubspot.com, database setiap marketeers setiap tahunnya menurun hampir 22,5%. Alasannnya beragam mulai dari alamat email yang tidak lagi digunakan sampai hanya menggunakan alamat email ketika ingin mengisi formulir di website. Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda. Sebagai seorang marketeers tugas kita adalah memastikan bahwa secara terus – menerus akan ada kontak baru yang masuk ke dalam daftar email marketing kita (Tidak berlaku ketika kita membeli daftar email).

Bisa jadi kita membutuhkan cara yang tepat untuk bisa membantu meningkatkan daftar kontak dari email marketing kita. Dan berikut ini adalah caranya:

Menggunakan Email

1. Membuat konten email yang luar biasa

Agar bisa membuat orang mau terus berlangganan dengan email kita, yang harus dilakukan tentu saja membuat konten email yang luar biasa. Sekalipun tujuan akhir adalah mendapatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan, tapi akan jauh lebih baik ketika kita bisa bersikap objektif terhadap pembaca kita.

[post jumlah=3 tag=”bersyukur”]

2. Mendorong pembaca untuk membagikan email tersebut kepada orang lain

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mencantumkan tombol share sosial media di dalam konten email kita. Dengan begitu kita memberikan kesempatan dan akses jaringan yang luas kepada pembaca. Ini akan membuat mereka mudah untuk membagikan kepada teman – teman mereka. Bahkan jangan lupa untuk memasukkan tombol CTA di bagian bawah. Sederhana saja, yang terpenting jelas dan menarik.

3. Mempromosikan email Anda dengan sebuah kontes

Ketika kita ingin menarik lebih banyak pembaca untuk email kita, cara yang bisa dilakukan adalah menawarkan kebahagiaan terlebih dahulu kepada mereka. Seperti “10 orang pendaftar pertama akan mendapatkan hadiah menarik”. Ini akan menjadi daya tari sendiri ketika mereka mau mendaftar bahkan merekomendasikan kepada orang lain. Jangan lupa untuk mempromosikan ini di sosial media, agar lebih banyak yang tahu dan berlangganan.

4. Buatlah beberapa macam jenis email berlangganan

Yang tahu, mendaftar bahkan membaca email kita tentu orang – orang yang berbeda. Latar belakang, jenis kelamin, minat dan juga tujuan mereka juga berbeda. Ada baiknya kita membuat beberapa macam jenis email berlangganan yang tersedia bagi mereka. Kita bisa mulai menargetkan siapa saja yang akan menerima email – email tersebut. Menyediakan pilihan pada kolom pendaftaran juga bisa jadi cara terbaik. Ini akan memberi kesan bahwa kita mau
memberikan apa yang mereka butuhkan.

[post jumlah=3 tag=”bisnis-online”]

5. Memperbarui daftar email yang sudah lama

Apa Anda yakin bahwa konten email berlangganan atau newsletter Anda masih dicari? Coba periksa kembali bagaimana konten dari daftar email Anda. Jika memang dirasa sudah cukup membosankan dan perlu diganti, segera lakukan pembaruan. Hal ini juga akan membuat pembaca merasa selalu update dan mendapatkan bahan bacaan yang segar.

6. Menambahkan link pada signature yang tertera

Ini akan membuat pembaca mudah untuk mendaftarkan diri pada milis yang Anda miliki.

Konten Baru

7. Membuat petunjuk baru untuk email penawaran

Seperti halnya e-book gratis, email penawaran yang Anda buat dan dikirimkan tentu juga harus menarik sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan. Jika mereka hanya berisi penawaran produk saja, tentu itu akan sangat membosankan. Dengan tampilan yang biasa, jangan banyak berharap pelanggan akan tertarik dengan email penawaran Anda.

[post jumlah=3 tag=”branding”]

8. Menawarkan beberapa kemudahan untuk berlangganan

Ketika orang ingin berlangganan atau membeli sesuatu terlebih secara online, tentu mereka tidak ingin banyak direpotkan. Salah satu contohnya kita bisa menawarkan alat gratis yang mudah untuk digunakan oleh pembaca mendownload email gratis dari kita, baik newsletter informasi, berita ataupun email penawaran.

Menggunakan Sosial Media

9. Promosi melalui Twitter

Kenapa Twitter? Selain banyak orang yang sudah menggunakan, itu berarti mudah juga bagi kita untuk mengkampanyekan email marketing atau e-book melalui sosial media ini. Berikan saja link untuk landing page pendaftaran, kemudian arahkan mereka dengan tweet selanjutnya.

10. Gunakan juga Fanspage Anda

Ketika Twitter membantu kita melalui tweet yang kita kirimkan secara berurutan dan dalam waktu yang singkat, Facebook memberikan kita kemudahan yang lain. Di dalam halaman Facebook atau Fanspage kita bisa membuat sebuah landing page sederhana di dalamnya yang berisikan form pendaftaran tersebut.

11. Jangan lupa untuk mencantumkan tombol panggilan di Fanspage

[post jumlah=3 tag=”ide-bisnis”]

Kita tahu bahwa kita bisa menambahkan beberapa fitur di halaman Fanspage kita. Untuk mendapatkan lebih banyak subscriber melalui Fanspage, kita bisa menambahkan tombol panggilan seperti Sign Up. Kita bisa mengubungkan tombol CTA ke halaman yang memerlukan alamat email untuk mengaksesnya.

12. Menggunakan media baru yaitu LinkedIn

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mempublish link email newsletter ke halaman LinkedIn perusahaan kita. Melalui sosial media ini, kita bisa menargetkan siapa saja yang ingin kita berikan email tersebut. Baik melalui halaman perusahaan langsung, diskusi kelompok yang tepat dan relevan.

13. Pinterest menjadi media baru yang populer

Selain ketiga sosial media di atas, kita bisa menggunakan sosial media yang lainnya, yaitu Pinterest. Kita bisa membuat akun pribadi perusahaan dan membagikan banyak konten baik dari email, blog ataupun website perusahaan. Dari forum ini jugalah peluang mendapatkan leads bisa semakin bertambah.

14. Promosi melalui Youtube juga bisa Anda lakukan

Ketika Anda menggunakan cara promosi dengan video, Anda bisa mencantumkan alamat email atau URL dalam video atau keterangannya. Cara ini akan membuat penonton tertarik dan mau untuk mendaftar untuk berlangganan email dengan Anda.

15. Sosial media populer lainnya adalah G+

Salah satu sosial media yang sedang populer saat ini adalah Google+. Dengan memanfaatkan update halaman Google+, kita bisa mencantumkan juga konten – konten kita dan menarik perhatian pembaca untuk mendaftar dalam jaringan email marketing kita.

Melalui Website

16. Buatlah semua pengunjung melihat adanya email berlangganan ini

Cara yang paling mudah untuk meminta pengunjung website mau berlangganan email adalah dengan membuat mereka semua melihat penawaran email berlangganan tersebut. Seperti dengan membuat pop up di setiap sudut halaman dan menampilkan capture dari email di beberapa halaman penting, seperti About Us dan Contact Us.

17. Jangan ragu mencantumkan link atau URL di setiap kegiatan Blog Tamu

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh para blogger untuk mempromosikan blog mereka adalah dengan berkunjung dan meninggalkan jejak di blog yang mereka kunjungi. Cara ini bisa kita tiru untuk mengkampanyekan link atau URL email berlangganan kita.

Dengan Partner Bisnis

18. Mempromosikan email pada situs partner kita atau newsletter yang mereka kirimkan

Setiap pebisnis tentu memiliki banyak partner. Salah satu keuntungannya yaitu bisa membantu kita mendapatkan banyak leads termasuk untuk email berlangganan. Cara kita bisa meminta bantuan mereka untuk memasang link atau bahkan banner di situs mereka dan mencantumkan link pada email newsletter yang mereka kirimkan juga.

19. Melalui acara atau event yang diadakan

Ketika kita mengikuti atau mengadakan sebuah acara, kita juga bisa mempromosikan pendaftaran email berlangganan atau milis bagi bisnis kita. Cantumkan niatan Anda untuk mengajak mereka pada akhir presentasi atau akhir seminar yang Anda lakukan. Jika ingin memudahkan mereka, mintalah mereka untuk mengisikan data diri pada sebuah form yang nantinya akan Anda gunakan untuk mendaftarkan mereka.

Comments (0)
Add Comment