7 Cara Mempromosikan Website Bisnis via Facebook

7 Cara Mempromosikan Website Bisnis via Facebook – Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini pengguna media sosial Facebook di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2015 ini saja, pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut diperkirakan sudah mencapai 70 juta orang, itu hanya di Indonesia. Tentunya ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi para pengusaha online dalam pengembangan dan pemasaran website/ blog bisnis mereka via Facebook.

Menggaet visitor dan calon customer baru melalui situs media sosial Facebook bukanlah sebuah hal yang baru. Bahkan hampir semua pemilik bisnis sudah memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan website/ blog bisnis mereka di media sosial ini. Walaupun banyak yang sudah menerapkan strategi marketing via Facebook, ternyata tidak semua orang mendapatkan hasil yang baik. Banyak sekali yang justru gagal dan frustasi.

Lalu sebenarnya bagaimana cara mempromosikan website bisnis di Facebook? Berikut ulasan singkatnya.

7 Cara Mempromosikan Website Bisnis via Facebook

1. Buatlah Fans Page Khusus Untuk Website Anda

[post jumlah=3 tag=”zona-nyaman”]

Membuat akun Facebook dan mempromosikan website bisnis Anda di sana memang terlihat sangat mudah, tapi menurut saya ini kurang efektif. Kenapa? Karena jangkauannya sangat terbatas. Berbeda dengan sebuah halaman Facebook Fans Page yang bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Mempromosikan website bisnis di profile Facebook personal memang tidak salah. Tapi akan lebih efektif lagi bila kita membuat sebuah halaman khusus untuk website bisnis tersebut, sebuah Fans Page khusus untuk bisnis Anda. Bila akun Facebook personal dibatasi hanya memiliki teman sebanyak 5000 orang saja per akun, maka Fans Page bisa memiliki ratusan ribu hingga jutaan fans, tidak terbatas. Dengan begitu, proses promosi kita akan jauh lebih efektif.

2. Hindari Hard Selling Terus-Menerus

Sejatinya Facebook itu adalah situs media sosial, tempat banyak orang untuk berkumpul, bersosialisasi, dan saling berbagi informasi. Bayangkan Facebook itu adalah sebuah tempat ‘nongkrong’ online yang sangat menyenangkan. Bagaimana perasaan Anda jika di tempat nongkrong yang asik itu tiba-tiba ada orang lain (mungkin teman Anda, atau temannya teman Anda) yang berjualan terus-terusan, cari perhatian, dan meminta Anda untuk membeli produknya? Masih menyenangkan kah? Tentu tidak.

[post jumlah=3 tag=”viral”]

Sebelum menerapkan strategi pemasaran dengan cara Hard Selling (berjualan langsung), sebaiknya tempatkan diri Anda sebagai orang-orang yang akan membaca promosi Anda tersebut. Apakah Anda masih merasa nyaman bila seseorang terus-terusan berjualan di tempat ‘nongkrong’ Anda? Kemungkinan besar Anda akan menghindar, atau bahkan mem-block akun-akun yang mengganggu kenyamanan di Facebook dengan cara hard selling tadi. Sebenarnya hard selling boleh saja dilakukan sekali-sekali, dengan cara yang tepat dan pada saat yang tepat.

3. Update Konten Fans Page Dengan Informasi yang Dibutuhkan Audiens

Ok, Anda sudah membuat Fans Page di Facebook. Lalu selanjutnya apa? Tentu saja si pemilik Fans Page harus mengisi konten di Fans Page tersebut. Entah itu informasi tentang website Anda, informasi tentang bisnis Anda, informasi yang berhubungan dengan produk Anda, tips-tips bermanfaat yang berhubungan dengan produk Anda, dan lain-lain. Intinya, jangan biarkan Fans Page Anda ‘kosong’ tanpa konten.

Kredibilitas sebuah Fans Page akan sangat berpengaruh bagi keberhasilan kita dalam melakukan pemasaran via Facebook. Bagaimana membangun kredibilitas sebuah Fans Page? Jawabannya adalah KONTEN. Memberikan konten bermanfaat (yang berhubungan dengan bisnis Anda) terus menerus kepada audiens akan membuat Fans Page tersebut dianggap memiliki kredibilitas yang baik oleh pengguna Facebook.

Lalu bagaimana konten yang bermanfaat tersebut? Misalnya Anda berbisnis menjual produk kecantikan – sebut saja obat anti jerawat – dan akan mempromosikan produk tersebut via Fans Page Facebook. Tentunya kita TIDAK akan memposting konten tentang politik, Agama, dan konten-konten lain yang tidak berhubungan dengan jerawat. Akan lebih baik bila kita memberikan berbagai informasi yang berhubungan dengan jerawat dan kecantikan, misalnya tips merawat kulit wajah agar jerawat tidak muncul, tips merawat tubuh, dan berbagai informasi dan tips kecantikan lainnya.

4. Update Konten di Fans Page Dengan Cara yang Unik

Mengisi konten di Fans Page Anda tidak hanya sekedar rutinitas saja. Upayakan setiap update konten dengan cara yang unik dan tidak monoton sehingga bisa mempengaruhi audiens untuk membagikan (Share) konten tersebut ke wall mereka. Lalu bagaimana cara membuat update konten yang unik di Facebook?

Sebenarnya ada banyak cara, misalnya membuat judul yang menggugah emosi, menambahkan image yang menarik, menambahkan kata-kata yang membuat orang lain terpengaruh (dalam arti yang positif). Saya sangat tidak menyarankan untuk menggunakan konten yang mengandung hasutan/ provokatif (negatif), menjelek-jelekkan pihak lain, gambar tak senonoh, dan hal-hal lain yang tidak etis….kecuali Anda tidak perduli dengan kredibilitas bisnis Anda.

Copy writing memang sangat penting bila kita ingin mendapatkan perhatian lebih dari orang lain di Facebook. Dan untuk tujuan tersebut, seringkali orang menggunakan kata-kata provokatif (negatif) di dalam copy writing mereka. Memang biasanya bahasa yang provokatif sangat efektif, tapi tentu saja ini cukup beresiko bagi nama baik Fans Page dan bisnis Anda. Akan lebih baik bila Anda membuat konten yang bisa menginspirasi orang lain, memberikan motivasi, informasi penting, dan konten yang menimbulkan aura positif bagi orang lain.

5. Berikan Kebebasan Pada Audiens Dalam Berkomentar

Komentar dari audiens di Fans Page Anda adalah sesuatu yang cukup penting karena bisa membantu membuat konten Anda tersebut mendapatkan perhatian lebih banyak dari orang lain di Facebook. Kalau kata orang-orang dalam bahasa gaul “Ga ada loe ga rame bro”, kalau Fans Page tanpa likes/komentar sama seperti rumah kosong. Selain itu, dengan adanya komentar dan likes dari orang lain maka relationship antara Anda sebagai pemilik Fans Page dan audiens akan terjalin lebih baik. Ini sangat baik bagi bisnis Anda untuk jangka panjang.

Terkadang memang ada komentar keras atau kritik ‘pedas’ dari pengguna Facebook di Fans Page tersebut. Apapun komentar mereka, kita harus menanggapinya dengan profesional layaknya seorang pebisnis yang pintar. Namun bagaimanapun juga kebebasan berkomentar tersebut memang harus kita batasi. Bila komentarnya sudah mengganggu (misalnya komentar SARA atau terlalu sering promosi link di kolom komentar) maka tidak ada salahnya bila kita mem-block akun-akun pengganggu tersebut. Ini untuk kebaikan Anda sendiri.

6. Bergabung Dengan Group atau Fans Page Tertentu

[post jumlah=3 tag=”bisnis-online”]

Dengan bergabungnya Anda di group atau Fans Page yang sesuai dengan bisnis Anda maka hal ini akan memberikan banyak informasi berharga bagi pengembangan usaha yang sedang dijalankan. Saat ini ada banyak sekali group bisnis di Facebook yang fokus membahas tentang jenis bisnis tertentu. Misalnya bisnis online, kita tahu bahwa bisnis online itu banyak sekali jenisnya, nah ada beberapa group di Facebook yang fokus membahas tentang satu jenis bisnis online saja. Tujuannya sudah jelas, agar para member fokus belajar dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat ini ada beberapa group di Facebook yang mewajibkan member mereka untuk membayar jika ingin bergabung. Biasanya group-group seperti ini dikelola oleh seorang atau beberapa profesional yang memang sudah dianggap pakar. Walaupun berbayar, banyak orang yang mau bergabung karena informasi di group tersebut dianggap sangat bermanfaat bagi pengembangan bisnis mereka. Itu kembali lagi ke diri kita masing-masing, apakah mau bergabung ke group berbayar atau group gratisan saja. Yang terpenting adalah pastikan bahwa Anda bergabung dengan group atau Fans Page yang bisa memberikan manfaat bagi bisnis Anda.

7. Berikan Penawaran Khusus Kepada Audiens Anda

Selanjutnya, saat ini mungkin audiens di Facebook sudah familiar dengan Fans Page Anda maka langkah selanjutnya untuk meningkatkan bisnis Anda sekaligus menjaga hubungan dengan mereka adalah dengan memberikan penawaran khusus. Ini bukan sekedar menjual sesuatu, tapi lebih ke membangun relationship yang lebih baik dengan mereka. Lalu bagaimana caranya?

Banyak strategi yang dilakukan oleh para internet marketer, misalnya;

  • Memberikan diskon khusus kepada pengguna Facebook yang memberikan Likes dan Share status/ konten Anda di Fans Page.
  • Memberikan souvenir keren (misalnya kaos atau accessoris) kepada fans yang membeli produk tertentu.
  • Memberikan produk khusus secara gratis kepada pengguna Facebook yang membuat notes khusus di Facebook yang membicarakan kelebihan bisnis Anda.
  • Membuat kuis tebak-tebakan, kuis tentang ilmu pengetahuan sosial, dan kuis lainnya yang mungkin berhubungan dengan bisnis Anda, dimana hadiahnya adalah produk yang harus dipilih melalui website bisnis Anda.
  • Dan lain  sebagainya.

[post jumlah=3 tag=”cara-menghasilkan-uang-dari-hobi”]

( Bonus ) Memasang Iklan di Facebook

Memang kita bisa mempromosisikan website bisnis di Facebook dengan cara gratis, biasanya trafik akan melimpah ke website Anda bila Fans Page bisnis Anda memiliki banyak audiens, misalnya ratusan ribu atau jutaan fans. Namun, jika Anda ingin mendapat perhatian yang lebih besar di Facebook, maka memasang iklan di sana adalah langkah yang sangat efektif dan cepat.

Selain bisa menjangkau semua fans Anda di Facebook, memasang iklan akan memberikan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan calon audiens/ fans baru di Fans Page Anda. Memasang iklan di Facebook jangan hanya berbicara tentang penjualan langsung, akan lebih baik lagi bila kita membangun audiens/ fans base yang lebih besar sehingga akan jauh lebih mudah untuk menjangkau mereka ketika kita mempromosikan website bisnis di Facebook.

Nah di atas tadi adalah cara mempromosikan website bisnis di Facebook yang sering saya lakukan. Perlu diingat juga bahwa tidak semua kampanye di Facebook akan selalu berhasil, akan ada beberapa promosi kita yang kurang mendapat respon dari pengguna Facebook. Tapi dengan proses trial and error ini Anda bisa belajar bagaimana cara yang paling sesuai dan efektif bagi bisnis Anda. Semoga berhasil!

bisnis onlinebrandingfacebookiklanmarketingmatapandaviral
Comments (0)
Add Comment