MataPanda Blog
Tips : Cara Menghasilkan Uang dari Fashion Blog

Tips : Cara Menghasilkan Uang dari Fashion Blog

Fashion Blog saat ini tidak hanya sebatas hobi namun bisa menjadi sumber penghasilan bila Anda mau menekuninya. Jika Anda seorang fashion blogger dan ingin menghasilkan uang dari hobi tersebut, berikut tips bermanfaat tentang bagaimana cara menghasilkan uang dengan menjadi seorang fashion bloger.

langkah mudah menghasilkan uang dari fashion blogger

Fashion blog  sudah ada sejak tahun 2000-an, tapi baru banyak ditekuni sekitar sepuluh tahun terakhir. Di bawah ini tips cara populer untuk menghasilkan uang dengan hobi Anda.

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing biasanya menjadi pilihan pertama di dunia fashion blogging. Meskipun awalnya Anda belum paham tentang affiliate marketing, tapi setelah terjun ke dunia fashion blogging, Anda akan paham setelah masuk ke affiliate links.
Affiliate links adalah link yang Anda lihat dalam tautan blog yang membawa Anda ke bagian pakaian, make up atau aksesoris yang disarankan oleh blogger di post mereka.

Setiap affiliate link berisi “kode ID” fashion blogger dan mencatat jumlah orang yang mereka bawa ke situs pengiklan. Tergantung pada jaringan atau pengiklan mana affiliate link itu dibuat, Anda bisa mendapatkan komisi dari salah satu cara berikut:

Saat seseorang mengklik tautan Anda dan membeli produk dalam tautan itu

Saat seseorang mengklik tautan dan membeli barang di luar tautan Anda.

Jadi, bagaimana caranya Anda mendapat peluang ini? Yaitu dengan mendaftar ke affiliate network. Affiliate network adalah perusahaan yang menggunakan aplikasi dan meminta Anda melakukan proses persetujuan untuk mendapat akses ke pengiklan mereka.

[post jumlah=3 tag=”branding”]

Setelah masuk ke affiliate network, Anda dapat melihat-lihat ke pengiklan mereka dan mendaftar ke masing-masing merek untuk menjalin kerjasama.

Affiliate Network yang Terkenal

Beberapa network yang terkenal adalah rewardStyle atau perusahaan laninya seperti Shopstyle atau LIKEtoKNOWit.

RewardStyle menawarkan persentase komisi yang tinggi sehingga mereka sangat selektif terhadap siapa saja yang akan diterima di jaringan mereka.

Bagaimana kalau sering ditolak? Teruslah mencoba. Teruslah posting foto-foto yang keren secara konsisten, berbalas komentar dengan audiens, dan jangan patah semangat.

Jika Anda mencari jaringan yang mudah dijangkau, Amazon Associate pilihannya. Mendaftar ke Amazon Associate caranya sederhana, dan mereka menerima sebagian besar pendaftar. Setelah diterima, Anda bisa mulai membuat tautan produk  dan menampilkannya ke dalam blog Anda

Yang bagus tentang Amazon adalah jika ada seorang pengunjung mengklik ID Anda namun tidak membelinya dan membeli sesuatu yang lain, Anda masih mendapat komisi karena kunjungan mereka.

2. Jadi Ambassador

Saat ini, menjadi ambassador semakin populer karena caranya mudah. Perusahaan tertentu akan memberikan kode iklan kepada para fashion blogger (biasanya ditag di nama blogger) dan si fashion blogger itu akan mengiklankannya kepada follower mereka.

[post jumlah=2 tag=”matapanda”]

Misalnya, blogger Fashionably Farrah mendapat kode promo dari Cute Clothing Co, lalu mengumumkannya di blog dengan mengatakan “ Suka kaos ini? Belilah di Cute Clothing Co. Gunakan kode saya ‘FARRAH 10’ untuk mendapat diskon 10%!”. Ketika follower Farrah menggunakan kode untuk membeli produk, Farrah menerima komisi dari penjualan itu.

Dengan semakin populernya jadi ambassador, cara termudah untuk bergabung dengan sebuah merek adalah dengan rajin mengunjungi situs merek tersebut.  Selain itu, kirimi mereka pesan dan tanyalah apakah mereka menerima lowongan menjadi ambassador untuk produk mereka.

3. Iklan Sponsor

Seperti yang biasa Anda lihat di akun instagram para fashion blogger, mereka memasang foto dengan judul yang menarik dan diakhir postingan terdapat hashtag #sponsored atau #ad.. Hashtag itu menunjukkan bahwa mereka dibayar untuk posting sesuatu.

Biasanya, mereka dikirimi produk tersebut sebagai imbalan atas iklannya.

Jika Anda ingin bergabung dengan jenis ini, maka tingkatkan follower dan reputasi Anda. Kebanyakan yang terpilih adalah seseorang dengan follower yang banyak dan bersedia bekerjasama dengan mereka. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Anda akan menghasilkan penjualan ketika mereka mengirim barang ke Anda untuk di-endorse.

Tips: Saat mempromosikan suatu blog di instagram, pastikan men-tag merek yang Anda pakai di foto Anda. Dengan tag tersebut memudahkan perusahaan menemukan post Anda.

4. Jual Baju Bekas di Marketplace

Jika Anda sudah lama menjadi fashion blogger, pasti koleksi pakaian Anda sangat menumpuk. Untuk mengatasinya, Anda dapat menjual pakaian lama Anda di marketplace.

[post jumlah=2 tag=”marketing-instagram”]

Marketplace adalah sebuah tempat dimana orang menjual barang baik dengan kondisi baru ataupun bekas. Anda bisa menjual pakaian lama Anda di marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak.  Meskipun agak repot dari pada sekedar membuang pakaian Anda, namun marketplace bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan uang dari fashion blogging.

Caranya adalah dengan membuat akun dan mendaftar barang-barang yang ingin dijual. Pasang foto dari berbagai sisi, berikan beberapa deskripsi, cantumkan harga, dan lakukan pengiriman saat terjual.

Fashion blogger dapat dijadikan sebagai profesi jika Anda bersungguh-sungguh menekuninya. Teruslah berinovasi dan jangan takut gagal dan tentunya jika kesulitan dalam pembuatan blog ataupun website percayakan saja ke Jasa Pembuatan Website di MataPanda ID untuk kecepatan, kualitas, dan keamanan terbaik.

Saran