MataPanda Blog
Usaha-Jasa-Pembuatan-Website

Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Jasa pembuatan website merupakan salah satu jenis bisnis online yang memiliki prospek bagus. Saya kira kita sudah tidak perlu membahas lagi bagaimana dahsyatnya peluang bisnis online ini. Semua jenis bisnis memerlukan website, mulai dari bisnis yang sifatnya perseorangan, bisnis UKM, apalagi bisnis corporate.

Disamping usaha jasa pembuatan website, ada beberapa jenis peluang bisnis online tanpa modal besar dan menguntungkan yang sangat layak untuk Anda geluti.

Selain memiliki prospek menggiurkan, modal yang diperlukan dalam menggeluti usaha jasa pembuatan website juga terbilang kecil. Hanya berbekal laptop, Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Di sisi lain, tidak ada patokan harga jual untuk jasa pembuatan sebuah website. Mulai dari Rp 300 ribu, hingga Rp 15 jutaan. Harga tertinggi yang pernah saya dengar, teman saya bahkan ada yang berhasil menjual jasa pembuatan website sebesar Rp 150 juta. Ada beberapa faktor yang turut menentukan harga jual tersebut.

Faktor utama adalah diri Anda sendiri atau tim Anda. Kredibilitas dan jam terbang punya pengaruh besar terhadap penentuan harga dalam usaha jasa pembuatan website. Semakin banyak portofolio web yang pernah Anda (dan tim) selesaikan, maka Anda dapat menentukan harga lebih tinggi. Demikian pula jika ada beberapa perusahaan besar dalam portofolio Anda, maka dapat dipastikan dapat mendongkrak kredibilitas Anda dan tim. Jadi jika Anda baru memulai, sebaiknya jangan pasang harga terlalu tinggi. Bahkan tak jarang pada tahap awal kita memberikan layanan gratis hingga kita punya portofolio yang memadai.

Jadi jika ingin terjun dalam usaha jasa pembuatan website, Anda harus dapat membangun kredibilitas. Dan kredibiltas tersebut salah satunya tercermin dari potofolio website yang pernah Anda garap.

Cara Memulai Usaha Jasa Pembuatan Website

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memulai usaha jasa pembuatan website? Prospeknya menggiurkan, modalnya kecil, kenapa tidak banyak orang yang menggelutinya? Pasti karena sulit, apalagi jika tidak memiliki latar belakang ilmu komputer atau informatika, tidak bisa coding sama sekali.

Jika Anda beranggapan demikian Anda keliru. Untuk bisa membuat website, Anda tidak harus punya latar belakang teknik informatika, atau jago coding. Jaman now, kita benar-benar dimanjakan dengan kemajuan jaman dan teknologi. Bahkan Anda yang awam sekalipun bisa dengan mudah membuat website dengan memanfaatkan CMS (Content Manajement System). Dan salah satu CMS paling populer, paling powerfull, dan paling saya rekomendasikan adalah WordPress.

Membuat website jadi sangat mudah dengan menggunakan wordpress. Jika belum tahu caranya, Anda dapat mempelajarinya. Saya jamin gak bakal sulit. Langsung saja klik tutorial berikut: Cara Membuat Blog di WordPress. Tutorial tersebut memuat langkah demi langkah yang sangat mudah diikuti.

Jika sudah mempelajari dan mempraktekkan yang ada dalam tutorial tersebut, langkah selanjutnya jika Anda ingin menerapkannya dalam usaha jasa pembuatan website adalah menentukan target market.

Jika Anda menyasar pangsa pasar UKM, kemungkinan besar website yang dibutuhkan berbentuk online shop atau toko online. Banyak pelaku UKM yang bisa jadi calon client Anda. Secara kuantitas banyak, namun dari segi harga, Anda tidak dapat mematok harga tinggi.

Jika Anda ingin menjaring client harga tinggi, caba ceruk market corporate. Pada umumnya yang mereka butuhkan adalah website berbentuk company profile. Jumlahnya mungkin tak sebanyak UKM, namun jika Anda berhasil menjaring 1-2 customer saja per bulan, sudah cukup bagi Anda. Namun dibalik harga tinggi, tingkat kesulitannya juga tinggi. Tak jarang client menuntut customosasi web disana-sini, sehingga kita juga harus melakukan customisasi terhadap template wordpress yang kita miliki.

Nah, template wordpress ini menjadi langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan dalam memulai usaha jasa pembuatan website. Siapkan template premium, jangan gunakan template gratisan! Jika menyasar pangsa pasar UKM, persiapkan beberapa template toko online. Sebaliknya jika berencana menjaring ceruk market corporate, siapkan template premium yang memiliki fleksibilitas tinggi, Anda dapat mencarinya di Themeforest.

Setelah semua siap, selanjutnya mulailah berkutat membuat marketing plan. Anda dapat mengacu pada contoh marketing plan Kedai kopi yang pernah posting di Pojok Bisnis. Kalau belum pernah membacanya, silakan langsung ikuti tautan berikut ini Contoh Marketing Plan.Pastinya Anda harus membuat website untuk usaha Anda. Akan menjadi ironi jika Anda menawarkan jasa pembuatan website, tapi Anda sendiri tidak memiliki website untuk usaha Anda tersebut.

Setelah semua siap, kini Anda pun siap launching usaha jasa pembuatan website. Namun sebelumnya, mari kita hitung dulu analisa usahanya.

Analisa Usaha Jasa Pembuatan Website

Modal Awal

  • 1 Unit Laptop: Rp 6.000.000,-
  • Beberapa Template Premium: Rp 1.000.000,-
  • Domain dan Hosting untuk web sendiri: Rp 500.000,-
  • JUMLAH: Rp 7.500.000,-

Biaya Operasional

  • Internet: Rp 350.000,-
  • Listrik: Rp 200.000,-
  • Transportasi dan Telepon: Rp 500.000,-
  • JUMLAH : Rp 1.050.000,-

Omset/Pendapatan

Asumsi jasa pembuatan website 1 bulan laku 1 website company profile Rp 5 juta, dan 5 website toko online @Rp 1,5 juta, maka omset per bulan:

= (5 x Rp 1.500.000) + Rp 5.000.000

= Rp 7.500.000 + Rp 5.000.000

= Rp 12.500.000,-

Laba Bersih/Keuntungan

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 12.500.000 – Rp 1.050.000

= Rp 11.450.000,-

BEP (Break Event Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 7.500.000 / Rp 11.450.000

= 0,65 bulan = 20 hari

Tidak sampai satu bulan tercapai titik BEP! Sudah pasti jasa pembuatan website merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Tunggu apalagi! Jika belum menguasai WordPress, segera belajar WordPress >>> DISINI.

Jika sudah menguasai WordPress, langsung saja take action pada step selanjutnya. Seperti telah diuraikan dalam sub bagian Cara Memulai Usaha Jasa Pembuatan Website. Jangan takut kompetisi, karena usaha apapun pasti ada kompetitornya.

Salam sukses! Apapun peluang usaha yang Anda geluti, saya selalu berdoa, semoga selalu dilapangkan jalan dalam menjalani usaha menjemput rejeki – NYA. Aamiin…

Saran