MataPanda Blog

Strategi Untuk Memperbanyak Followers di Twitter

Twitter rupanya menjadi salah satu media sosial yang sangat digemari oleh masyarakat modern Indonesia. Menggunakan #Twitter sebagai salah satu media untuk berkomunikasi dan menyampaikan pendapat, masyarakat Indonesia rupanya menggemar hal tersebut walau harus dilakukan melalui deretan kalimat tak lebih dari 140 karakter.

Begitu hebatnya penggunaan Twitter di Indonesia hingga banyak orang yang memanfaatkan Twitter sebagai sarana promosi bisnis atau keahlian tertentu. Bila kita mahir memanfaatkannya, hal tersebut bisa menjadi sarana branding atau promosi yang efektif.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memperbanyak followers di Twitter dan perhatian yang besar dari para Tweeps?

1. Mengucapkan Terima Kasih

Twitter tumbuh menjadi media sosial yang sangat efektif untuk membangun sebuah bisnis atau citra tertentu. Kita pasti akan merasa sangat terbantu bila konten yang kita posting di Twitter memperoleh banyak retweet dari para pengguna Twitter lainnya. Bila ada pengguna Twitter yang membantu kita melakukan sharing konten, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Berdasarkan penelitian, 1 dari 4 orang yang kita follow di Twitter biasanya akan melakukan follow back pada kita. Memperoleh banyak follow back tentu bisa jadi hal yang positif karena kita bisa memperbesar kesempatan untuk berbagi informasi secara lebih luas lagi.

2. Menjalin Kedekatan Dengan Followers

Kedekatan personal dengan para followers Twitter menjadi kunci bagi tercapainya tujuan branding atau promosi secara keseluruhan. Followers akan merasa lebih diperhatikan dan lebih interaktif bila kita menjalin komunikasi secara personal. Mulailah mengembangkan topik-topik yang ringan sebagai awal komunikasi yang interaktif.

3. Perhatikan Apa yang Disukai Followers

Cobalah memperhatikan apa yang followers kita sukai. Apakah mereka menyukai informasi tweet yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar, lebih menyukai mention atau link menuju suatu informasi tertentu. Bila ternyata followers kita menyukai konten berupa link, maka kita harus mencantumkan keterangan yang menarik dan membuat orang penasaran untuk membuka link tersebut. Misalnya seperti:

“Inilah 5 cara agar tetap langsing di waktu liburan … (link)”

Atau

“5 sayuran ini ternyata ampuh bakar kalori dalam tubuh… (link)”

Lalu bagaimana dengan penggunaan link yang terlalu panjang? Tenang saja, karena kita bisa menyingkat link dengan menggunakan URL shortener. Kita bisa memilih bit.ly untuk menyingkat link dengan panjang tak lebih dari 20 karakter.

4. Prime Time Saat Membuat Tweet

Membuat tweet ternyata bukan sekedar menarik dan informatif saja. Sebab kita juga harus mempertimbangkan prime time yang tepat saat banyak pengguna Twitter memperhatikan timeline Twitternya. Menariknya, di Indonesia sendiri pukul 7 hingga 8 pagi menjadi salah satu prime time Twitter.

Pada waktu tersebut, banyak orang yang sedang dalam perjalanan menuju ke kantor dan menyempatkan diri menengok aktivitas di timeline Twitter. Selain itu, prime time Twitter juga ada pada pukul 7 hingga 10 malam ketika hampir semua pengguna Twitter sedang memasuki waktu senggang dan mulai bersantai di akun media sosial mereka.

5. Menggunakan Perencanaan Tweet

Memanfaatkan perangkat untuk merencanakan tweet bisa jadi hal yang praktis dan efektif. Bila kita sedang tidak mempunyai waktu senggang untuk melakukan posting di Twitter, maka membuat perencanaan posting sesuai dengan prime time yang kita inginkan adalah alternatif yang tepat.

Pertama, kita tinggal menyusun konten yang ingin kita bagikan lalu mulai memilih aplikasi perencanaan yang tepat. Aplikasi perencanaan tweet akan membantu kita membuat posting di waktu yang sudah kita tetapkan. Namun, jangan terlalu sering menggunakan aplikasi yang satu ini agar kita tetap bisa berinteraksi secara personal dengan para followers kita.

Melalui ulasan media sosial kali ini, kita tentu semakin memahami pentingnya strategi yang tepat ketika menggunakan Twitter. Pakailah Twitter sebagai media sosial yang tepat untuk mengembangkan tujuan dan maksud branding kita secara modern.

Saran