MataPanda Blog

Tips Agar Tidak Oversharing di Media Sosial

Media sosial memang sudah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat modern. Kemudahan akses dari berbagai desktop dan gadget juga membuat kita semakin akrab dengan keberadaan #media sosial. Saat sedang senang, kecewa, patah hati atau marah, seakan ingin selalu dibagi melalui media sosial.

Namun sayangnya, tak semua orang yang menggunakan media sosial memiliki niat yang baik untuk berhubungan dengan pengguna media sosial lainnya. Maraknya perilaku cyber chrime bahkan membuat kita harus lebih berhati-hati menggunakan media sosial. Jangan sampai oversharing informasi di media sosial malah membahayakan atau merugikan diri kita sendiri.

Nah, supaya tidak oversharing informasi di media sosial, kita bisa mengikuti beberapa trik mudah berikut ini:

1. Berbagi Hanya Dengan Teman yang Sesungguhnya

Ketika kita ingin berbagi perasaan atau mengungkapkan sesuatu di media sosial, pastikanlah bahwa kita melakukannya dengan teman-teman terdekat atau orang yang sudah kita kenal di dunia nyata. Tapi bila ada kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan teman atau orang yang kita kenal, tentu akan lebih baik bila kita melakukannya langsung secara offline.

Pasti akan lebih baik bila kita mampu membedakan hal apa yang bisa di sharing melalui media sosial dan hal apa yang sebaiknya tidak. Bila sedang kesal dengan dosen atau atasan di kantor, sebaiknya perasaan dongkol disimpan sendiri agar kita lebih melunak dan mulai bisa menerima situasi. Sebab kita tidak akan pernah tahu siapa yang bisa mencelakai kita saat kita meluapkan kekesalan melalui media sosial.

2. Menonaktifkan Aplikasi Berbasis Lokasi

Beberapa aplikasi media sosial dan layanan aplikasi lainnya tanpa disadari sering menampilkan informasi dimana kita berada saat kita melakukan update status atau posting di media sosial. Bila kita berniat untuk mengurangi oversharing di media sosial, maka sebaiknya matikan saja setting yang berbasis lokasi tersebut.

Kita tentu tak ingin kan ada oknum yang tak bertanggung jawab yang mengikuti dan berbuat sesuatu yang tidak baik pada kita hanya karena mereka mengetahuan keberadaan kita. Hal ini mungkin terdengar berlebihan dan mengerikan, ya. Tapi percayalah bahwa memperlihatkan lokasi dimana kita berada bukanlah hal yang penting atau menguntungkan bagi kita sendiri atau orang-orang terdekat kita.

3. Teliti Dengan Fitur Instan Sharing di Media Sosial

Selain fitur lokasi yang berjalan secara otomatis, media sosial biasanya juga dilengkapi dengan fitur instant sharing lainnya seperti video apa yang baru saja kita saksikan di #Youtube atau semua musik yang sedang kita dengarkan melalui Path. Saat kita merasa risih dengan instant sharing ini, tentu tak ada salahnya bagi kita untuk mulai menon-aktifkan fitur instant sharing tersebut dari sekarang.

4. Perbaharui Setting Media Sosial

Beberapa setting akun pada media sosial seperti nama, alamat email dan password sebaiknya diperbaharui sekurang-kurangnya 3 bulan sekali. Memperbaharui setting akun media sosial secara berkala akan meminimalkan terjadinya tindak pencurian data di akun media sosial kita. Berarti kita sudah mengambil langkah yang tepat untuk menggunakan media sosial secara cerdas dan efektif.

5. Gunakan Layanan Untuk Mengetahui Reputasi Online Kita

Berbagai akun media sosial seperti #Facebook biasanya menjadi tempat untuk membuat posting status, link atau berbagi foto. Kita bahkan bisa mengunduh beragam informasi dari Facebook di kemudian hari. Untuk memastikan bahwa informasi yang kita miliki tak mudah dicuri atau disadap oleh orang lain, kita bisa menggunakan beberapa jenis layanan untuk melakukan monitoring.

Beberapa layanan pengukuran reputasi online seperti BrandYourSelf dan Reputation.com akan membantu kita memantau reputasi online dan menyeleksi link yang dibuat atas persetujuan kita. Sehingga data dan informasi yang kita miliki di media sosial tak bisa disalahgunakan oleh pihak yang tak berkepentingan dan tak bertanggung jawab.

Lima tips mudah ini bisa menjadikan kita sebagai pribadi modern yang pandai menggunakan media sosial secara efektif. Jangan jadikan media sosial sebagai celah bagi orang lain untuk mencuri informasi pribadi kita! Used your social media account wisely! 🙂

Saran